Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)

Bagikan:

Latihan dasar kepemipinan siswa atau LDKS adalah sebuah bentuk kegiatan yang bertolak ukur kepada peningkatan sumber daya siswa/siswi peserta untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar – dasar sebuah organisasi.

Fungsi LDKS adalah :
-Koordinasi kegiatan yang sejalan dengan tujuan
-Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan luar
-Terpenuhinya fungsi dan peran seluruh komponen

LDKS yang di lakukan SMP Tashfia pada tahun ini sangat berbeda dari tahun – tahun sebelumnya, LDKS tahun sekarang dilaksanakan secara virtual karena kondisi pandemi yang belum mereda.

Hari pertama LDKS
di hari pertama LDKS, siswi bergabung ke link yang telah di bagi oleh host meeting, kemudian siswi mengisi absensi kehadiran.

Upacara Pembukaan LDKS
Tepat pukul 07.30 kegiatan pun dimulai. Semua yang hadir di link yang telah dibagikan oleh host, termasuk para ustadzah untuk bersiap memulai upacara pembukaan. Kegiatan dipimpin langsung oleh salah satu siswi TASA dan sebagai inspektur upacara adalah ketua TASA lama.

Para ustdzah yang hadir mengikuti upacara pembukaan tersebut adalah Kesiswaan, PLH dan wali kelas dari kelas 7, 8 dan 9. sedangkan untuk peserta kegiatan terdiri dari TASA lama yang berjumlah 16 siswa dan seluruh sebanyak 200 siswa. Upacara pembukaan yang dilaksanakan sekitar 20 menit itu berlangsung dengan lancar dan penuh khidmat. Usai upacara pembukaan, ada jeda 15 menit untuk istirahat kemudian dilanjutkan dengan kegiatan berikutnya.

Adapun untuk kegiatannya berlangsung selama 2 hari mulai hari sabtu tanggal 15 Januari hingga minggu 16 Januari 2021 mulai jam 07.00 sampai dengan jam 12.10 dengan menggunakan link zoom untuk hari pertama dan hari kedua. Pelaksanaan LDKS tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan efek adanya pandemi Covid 19. Sebelumnya kegiatan ini dilaksanakan diluar sekolah tepatnya di SMP Tashfia, namun saaat ini hanya dilakukan dengan secara virtual. karena kegiatan dilakukan secara virtual, sehingga mau tidak mau panitia harus berpikir keras untuk membuat sebuah kegiatan yang sederhana namun tidak mengurangi poin-poin penting diklat.

Untuk materinya hari pertama ini antara lain tentang pengenalan anak – anak TASA, pesan dan kesan mereka selama menjadi TASA dan apa saja yang mereka kerjakan selama menjabat, kegiatan seru karena dengan diselingi games pertanyaan , kemudian materi selanjutnya adalah tentang manajemen OSIS (Keorganisasian) oleh ustdzah Nurlia selaku PKS Kurikulum. Kegiatan pada hari pertama sampai jam 11.50.

Pada saat materi pertama berlangsung, seluruh peserta seolah terbius dengan materi yang disampaikan oleh Ustdzah Nurlia. Beliau cukup keras, tegas, dan lugas dalam menyampaikan materi. Namun meskipun begitu tetap diselingi dengan guyonan sehingga membuat peserta menjadi betah dan tetap mengikuti materi dengan seksama. Adapun poin penting dalam presentasi beliau adalah tentang bagaimana cara seorang pemimpin dalam menyusun setiap kegiatan, dan segala yang sudah dan akan dilaksanakan terencana dengan cermat, sehingga meminimalisir kekurangan atau kesalahan saat pelaksanaan kegiatan. Benar – benar anak anak diajarkan bagaimana mereka harus pandai dalam berorganisasi.

Pada hari kedua materi yang disampaikan oleh Ustdzah Happy adalah terkait How All Abaout TASA, jadai bagaimana seseorang itu ketika dai sudah menjadi bagian dari TASA, apa dan bagaimana dai harus bersikap, karena TASA merupakan salah satu wajah dari sekolah, siswi – siswi sangat terpana melihat cara penyampaian beliau, karena memang beliau sangat pandai dalam bertutur kata serta cara penyampaian yang sangat sistematis membuat siswi yang mendengarkan menjadi faham apayang ingin atau di harapkan oleh sekolah.

Kemudian lanjut kematrei kedua yakni tentang kesekertariatan, materi tersebut di isi oleh ustdzah Sahrika, yang mana beliau mengisi materi tersebut dengan santai dan diselingi guyonan yang membuat anak anak semakin antusias, materi terakhir adalah kepemimpinan ala Rasulullah yang dibawakan oleh ustdzah Fathimah selaku Koordinator PAI, materi yang berisi tentang penanaman karakter sesuai visi misi sekolah, bagaimana menjadi seorang pemimpin masa depan, tentang penguasaan IT dalam menghadapi era globalisasi dan pemanfaatan IT dengan baik dan bijaksana. Beliau juga membarikan pertanyaan, Sebenarnya untuk pertanyaan adalah mudah yaitu menyebutkan macam-macam karakter sesuai bangsa Indonesia.
Alhamdulillah selama pelaksanaan pada hari pertama dan hari kedua ini berlangsung dengan baik dan lancar

Bagikan:

You may also like...