Apel pagi hari Senin Dengan tema “Dampak Menghina”

Bagikan:

Apel pagi ini senin, 22 April 2019 yang dipimpin oleh Ustadzah Hafpriliarani menyampaikan tentang Dampak Menghina diantaranya yang dijelaskan sebagai berikut :

10 Akibat Buruk Suka Merendahkan dan Mencaci Seseorang

Merendahkan seseorang memang terkadang terasa hebat, apalagi ketika merendahkan itu saat kita menjadi orangyang besar dan penting dan merendahkan kepada orang yang miskin, kecil dan rendah. Terkadang terjadi diantara teman sendiri, saat kita ada kelebihan kemudian merendahkan teman kita yang tidak sama memiliki kelebihan dengan kita.

Merendahkan itu lebih ke arah mencacimaki bukan memotivasi, merendahkan itu bukan hal yang baik, tidak ada kebaikan dalam merendahkan seseorang atau mencaci maki seseorang. Baik agama, sosial masyarakat, negara bahkan sains telah menghukumi bahwa perbuatan yang bersifat merendahkan orang lain itu dilarang.

Bercanda dan Memotivasi seseorang itu bukan berarti merendahkan dengan mencaci maki perbuatan buruknya atau hal lain yang dimilikinya. Apalagi jika anda seorang yang terpandang seperti Guru, Pejabat, atau Dokter maka itu akan berakibat buruk bagi objek yang direndahkan bahkan lebih-lebih terhadap anda sendiri. Maka dari itu hindari merendahkan seseorang dengan mencaci maki kejelekan mereka, berikut Akibat buruk dari merendahkan seseorang :

1. Sombong

Ketika orang merendahkan seseorang dengan mencaci maka dalam hatinya akan tersebesit rasa bahwa dirinya lebih baik. misalnya “kamu itu bodoh, gk mungkin bisa masuk ke Sekolah Negeri, tidur saja sana!!!”. Hindari mencaci maki !!!

2. Hati Keras

Orang yang suka merendahkan orang lain biasanya membuat hatinya keras, artinya tidak mau menerima nasihat atau petuah bahkan meskipun nasihat atau petuah itu benar dan baik untuk dirinya, ya itu tadi dikarenakan dia merasa lebih baik.

3. Mudah Marah

Orang yang suka merendahkan dan mencaci maki seseorang akan mudah marah karena dia tidak pernah berfikir untuk menerima caci makian mereka sendiri, meskipun awalnya merendahkan itu bersifat bercanda seperti “wew,,, apa kamu itu, tidur-tidur saja, gk ada pekerjaan nganggur terus … mati saja ,,, gk bermanfaat kamu hidup itu, wkwkwkwk”.

4. Berburuk Sangka

Kebanyakan orang yang suka mencaci maki seseorang adalah orang yang selalu berburuk sangka kepada orang lain, mereka tidak pernah berfikir positif kepada yang lain selalu menjadikan dirinya sendirilah yang positif dan baik.

5. Tidak Peka

Orang yang suka mencaci maki merendahkan orang lain biasanya tidak peka dan tidak mau tahu bagaimana perasaan orang yang dicaci maki.

6. Ceroboh

Tidak berfikir akibatnya dahulu sebelum bertindak, hanya mementingkan emosi dan hawa nafsunya. Terkadang orang yang merendahkan, mereka lebih bersifat ceroboh dan tidak peduli akibat perbuatan mereka. sifat ceroboh biasanya identik dengan tidak berhati-hati, tidak cermat, tidak dipikirkan baik-baik dan kurang ajar.

7. Tidak Dapat Dipercaya

Orang yang suka merendahkan seseorang dan mencaci maki biasanya tidak akan di percaya omongannya, apalagi dari orang yang sering direndahkan atau dicaci maki. Terkadang karena saking kesalnya sering direndahkan maka tidak ada satu pun yang akan dipercaya dari omongannya.

8. Tidak Bijaksana

orang yang merendahkan orang lain dan mencaci maki itu adalah orang yang tidak menggunakan akalnya dan budi pekertinya terlebih lagi mereka kurang berhati-hati dan tidak cermat karena orang yang pandai menggunakan akal dan budi pekertinya tidak akan mudah untuk mencaci maki seseorang.

9. Bodoh

Sebutan yang pas untuk orang suka yang mencaci maki dan merendahkan orang. Mereka tidak mengetahui kelemahan dan kekurangan mereka hanya mengetahui kekurangan orang lain. Mereka tidak memiliki pengetahuan tentang akibat mencaci maki dan merendahkan orang lain

10. Galak dan Kasar

Buas seperti binatang buas yang suka melawan dan suka marah, Terkadang suka memukul orang yang suka mencaci maki itu. tapi terkadang juga orang yang pendiam tetapi sekali berbicara – langsung membuat telinga sakit, itu malah lebih sadis menurut saya. karena kita tahu dia pendiam baik tetapi ternyata sekali berbicara langsung merendahkan orang. itu seperti berbalik 90 derajat.

 

Demikian akibat buruk dari merendahkan dan mencaci maki seseorang, semoga kita terhindar dari perbuatan jelek itu dan lebih berfikir akibat dari perbuatan kita (berfikir sebelum bertindak).

Terima kasih, semoga bermanfaat

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *